Bahayanya Penyakit Hipertiroid

      No Comments on Bahayanya Penyakit Hipertiroid

Bahayanya Penyakit Hipertiroid

Bahayanya Penyakit Hipertiroid – Apakah anda saat ini sedang mengalami Hipertiroid ?. Dan anda ingin tahu apakah penyakit Hipertiroid itu berbahaya atau tidak ?. Untuk itu simak artikel ini sampai selesai karena akan membahas tentang hipertiroid apakah berbahaya atau tidak penyakit ini.

Bahayanya Penyakit HipertiroidSebelum ke intinya kita harus tahu dulu apa itu Tiroid ?.

Tiroid merupakan kelenjar yang berbentuk seperti kupu kupu yang ada di leher bagian bawah, tiroid ini yang menghasilkan hormon yang berhubungan dengan metabolisme, seperti jumlah kalori yang terbakar, suhu tubuh dan berat badan.

Apa itu Hipertiroid ?

Hipertiroid adalah kondisi dimana berlebihnya hormon yang dihasilkan oleh tiroid, kondisi ini bisa menyebabkan semua yang ada dalam tubuh akan bekerja lebih cepat (mempercepat metabolisme tubuh), misalnya berat badan turun secara drastis atau cepat, detak jantung yang kencang, banyak berkeringat, dan gugup.

Hipertiroid merupakan salah satu acuan yang berkaitan dengan hormon berlebih kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya gondok.

Penyakit ini tidak datang tanpa sebab, karena penyakit ini bisa di sebabkan karena beberapa hal berikut :

  • Penyakit Graves

Bahayanya Penyakit HipertiroidPenyakit Graves adalah penyakit yang ditemukan dan dijelaskan pertama kali pada awal abad 19, dan diberi nama sesuai dengan nama penemunya, yaitu Sir Robert Graves.

Seiring berjalannya waktu, penyakit Graves terbukti sebagai salah satu penyakit tiroid yang paling sering terjadi dan juga sebagai penyebab hipertiroidisme atau gejala yang berhubungan dengan produk hormon tiroid yang berlebihan.

Meskipun penyakit Graves tergolong mudah untuk di tangani, akan tetapi penyakit ini cukup sulit untuk di deteksi dan sangat beresiko untuk kambuh.

Penyakit ini juga mendorong pada komplikasi serius, bahkan, jika tidak di tangani dengan segera dapat menyebabkan kamatian. Selain itu, terkadang penyakit ini dapat berefek buruk pada kesehatan seseorang untuk jangka waktu yang lama.

  • Toxic Multinodular Goiter

Bahayanya Penyakit HipertiroidJenis penyakit ini bisa di tandai dengan adanya benjolan di leher yang berbentuk bulat dan memiliki tekstur yang padat dengan jumlah tertentu kalau benjolannya satu disebut (Single nodul) atau apabila lebih dari satu disebut (multinodular).

  • Produksi TSH Yang Abnormal

Bahayanya Penyakit HipertiroidProduksi TSH yang abnormal atau tidak sesuai dengan kapasitas normalnya akan menyebabkan timbulnya tumor yang terdapat pada kelenjar hipofisis yang bisa membuat memproduksi TSH berlebihan, jika hal tersebut terjadi, maka hal inilah yang membuat rangsangan kelenjar tiroid mengeluarkan T3 dan T4 lebih banyak dari keadaan normal dan keadaan ini datang disertai dengan adanya gangguan hormon lain yang juga di produksi oleh hipofisis.

  • Konsumsi Yodium Yang Berlebihan

Bahayanya Penyakit HipertiroidYodium yang berlebihan dapat memperlambat kerja kelenjar tiroid dimana kondisi ini juga tidak baik bagi kesehatan.

Selain itu, pengobatan dengan basis yodium harus selalu dibawah pengawasan ahli medis karena di khawatirkan interaksi yodium dengan kimia lain yang mungkin di kandung oleh jenis pengobatan tertentu.

Untuk menetralisir kadar yodium untuk mengatasi penyakit gondok baik karena kekurangan yodium atau karena berlebihan konsumsi yodium, anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

  • Tiroiditis (Radang Kelenjar Tiroid)

Bahayanya Penyakit HipertiroidTiroiditis adalah peradangan kelenjar tiroid yang bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan atau terkadang setelah masa kehamilan. Beberapa bentuk tiroiditis disebabkan oleh infeksi bakteri, namun ini sangat jarang terjadi.

Meskipun tiroiditis bisa terjadi karena hubungannya dengan penyakit Graves, namun umumnya hanya bersifat sementara.

Diatas merupakan penyebab yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit hipertiroid, untuk selanjutnya kami akan coba sajikan tentang apa saja gejala penyakit Hipertiroid.

Berikut Gejala Gejala Hipertiroid :

  • Susah tidur
  • Letih dan lesu
  • Tangan atau ujung kaki gemetar
  • Untuk wanita pola haid yang berubah ubah
  • Turun keringat berlebih
  • Sering buang air besar
  • Kulit terlihat menipis dan rambut menjadi rapuh
  • Kelenjar gondok membesar
  • Sensitif terhadap suhu panas
  • Timbul rasa gugup, cemas dan gampang tersinggung
  • Berat badan turun walaupun pola makan seperti biasa
  • Pada hipertiroid akibat penyakit graves, mata tampak membelalak terus menerus

Diatas merupakan gejala gejala yang perlu anda waspadai dan apabila anda merasakan salah satu dari gejala gejala diatas segara konsultasikan atau periksakan ke dokter untuk tahu apa ada yang tidak beres dengan kesehatan anda. Alternatif lain yang bisa anda lakukan anda bisa mencoba mengkonsumsi obat tradisional hipertiroid atau obat obatan lainnya yang dianjurkan oleh dokter.

Sekian artikel tentang Bahayanya Penyakit Hipertiroid, semoga setelah anda membaca artikel ini anda bisa tahu apa itu Hipertiroid, penyebab Hipertiroid, gejala Hipertiroid.

Post By : Bahayanya Penyakit Hipertiroid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *